RAKORTEK SDA, BALIKPAPAN 23-24 MEI 2017

Koordinasi, Integrasi, Sinkronisasi dan Sinergi (KISS) merupakan pendekatan mendasar  dalam pengelolaan sumber daya air. KISS memberikan kesempatan berbagai pemangku kepentingan bertukar informasi, berbagi peran, memadukan strategi dan saling memperkuat dalam menyusun dan melaksanakan program/kegiatan pengelolaan sumber daya air. Manfaat yang diperoleh adalah kesepakatan menentukan program/kegiatan, alokasi biaya dan waktu, terhindarkannya duplikasi dan peluang terwujudnya pengelolaan sumber daya air yang berkelanjutan dan memberikan hasil yang berdaya guna.

Mempertimbangkan pentingnya KISS, Bidang Sumber Daya Air Dinas PUTR Provinsi Kaltim melaksanakan Rapat Koordinasi Teknis  Sumber Daya Air (Rakortek SDA) pada tanggal 23-24 Mei 2017 bertempat di Hotel Le Grandeur- Kota Balikpapan. Rakortek SDA dibuka oleh Assisten II Sekdaprov Kaltim dan diikuti oleh perwakilan dari Berau, Kutim, Mahulu, Kubar, Kukar, Paser, PPU, Bontang, Samarinda dan Balikpapan. Sedangkan nara sumber berasal dari Kementerian Dalam Negeri, BPN, Pemkot Balikpapan,  Pemprov Kaltim, Dinas LH Kaltim, BP DAS HL Mahakam-Berau, BWS Kalimantan III, Dinas Kehutanan,  Bappeda Kaltim, Dinas Pertanian Kaltim, dan UPTD di lingkungan Dinas PUTR Provinsi Kaltim. Kegiatan ini juga didukung oleh Universitas Mulawarman (diwakili oleh Dr. Mislan, M.Si/Ketua KK-IAB FMIPA UNMUL), POLNES Samarinda (diwakili oleh Ir. SSN Banjarsanti, MT) dan HATHI Cabang Kaltim (diwakili oleh Ir. Eko Wahyudi, M.Tech).

Dalam Rakortek SDA, dibahas rencana program/kegiatan yang sedang dan akan dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kab/Kota dalam pengelolaan sumber daya air, yang mencakup 3 pilar pokok yaitu konservasi sumber daya air, pendagunaan sumber daya air dan pengendalian daya rusak air,  dan 2 pilar pendukung yaitu sistem informasi sumber daya air dan peningkatan peran masyarakat dan dunia usaha. Pembahasan juga mencakup kesepakatan mengenai program/kegiatan prioritas yang akan ditangani bersama. Rakortek akan menjadi acuan dalam  monitoring-evaluasi pelaksanaan pengelolaan sumber daya air dan akan ditindaklanjuti di tahun 2018, dan digunakan sebagai tolok ukur efektifitas pelaksanaan KISS. (Dr. Mislan, M.Si/Ketua KK-IAB FMIPA UNMUL/Ketua ForDAS Kaltim, 08134701190, airmasadepan@yahoo.co.id).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *